Tuesday, January 29, 2002

Pagi2 gue udah ngeliat kejadian yg bikin gue mikir seharian. Dalam perjalanan ke kantor, di Kuningan gue ngeliat razia para pedagang kaki lima. Para Kamtib membongkar dengan paksa dagangan mereka dan mengangkutnya ke mobil bak terbuka. Gue bener2 gak tega ngeliat para pedagang itu, yang kebanyakan bapak2 seumur bokap gue, yang dengan sedihnya cuma bisa bengong ngeliatin dagangan mereka diangkut2in, tanpa bisa apa2. Duh gue ngebayangin kalo para pedagang itu adalah bokap gue, gimana rasanya ya.. Sedih banget... Mereka usaha halal kok masih dilarang juga, padahal meskipun emang sih mereka jualan di pinggir jalan, tapi kan samasekali nggak ganggu orang2 di sekitar, malah justru kebantu karna orang2 di dalam gedung jadi gampang kalo mau sarapan atau nyari cemilan atau beli rokok dan sebagainya. Lagipula gue ngeliat mereka cukup rapi kok jualan di sana, dan tetep jaga kebersihan (diem2 kan gue merhatiin tiap pagi). Gue jadi ngebayangin lagi kalo tukang soto mie, gado2, dan warung kecil Ibu MIn yang ada di depan kantor gue kena gusur, wah bisa repot gue nyari makan atau makanan kecil. Ya sama seperti itulah... Trus gue mikirin juga, berapa sih pendapatan mereka dari hasil jualan seharian itu di tengah panas2 kota Jakarta atau dinginnya ujan2an di bawah tenda kecil... Mereka cari untung sedikit demi sedikit untuk ngidupin keluarga masing2, yang pasti banyak kebutuhannya, dari bayar listrik, makan sehari2, nyekolahin anak... Ugh, gue jadi malu sendiri... Kenapa gue yang bisa ngasilin sejuta lebih tiap bulan masih aja ngerasa kurang, padahal gue nggak mesti biayain siapa2 selain diri gue sendiri! Apalagi kalo dibandingin beratnya pekerjaan mereka dibandingin gue yang cuma ngadepin internet seharian, surfing, chatting, browsing, dan yaa.. paling berat translate company profile dan bikin notulen rapat sama laporan keuangan... semuanya gue kerjain di ruangan dingin bersuhu 16 derajat celcius, disiapin teh/kopi/susu hangat tiap pagi, nggak ngaruh mau ujan atau panas, karna di dalem ruangan kantor gue tercinta ini selalu dingin... Gue yang nggak pernah ngerasain jadi pengangguran seharipun (karna hari pertama gue kerja adalah sekaligus hari terakhir gue final test), yang langsung dapet kerja tanpa repot2 ngelamar lewat koran2 seperti temen2 gue yang lain (karna gue dapet kerjaan ini dari temen chatting gue!), yang baru pertama kerja udah dapet gaji seperti diharapkan, yang kerjaannya sangat2 sesuai bidang gue dan sangat2 gue suka (sekretaris untuk asp/isp company), yang kantornya tinggal lurus dari rumah gue, kok nggak juga merasa bersyukur... Malah kemarin sempet ngeluh2 gak punya duitlah, cape'lah, pusing dsb... Padahal gue gak punya duit ya karna guenya terlalu foya2, jalan2 terus ke PS, BP, yang minimal ngabisin duit 30 ribu tiap kali jalan, clubbing ke BC yg minimal ngluarin duit 35 ribu cuma buat soft drink, jalan2 ke Bandung yg ngabisin sepertiga gaji gue, blanja ini itu, baju (kalo ini sih emang perlu), spatu mahal yg malah gak kepake, blom lagi kalo sakaw chatting pas weekend ngabisin duit juga ke warnet padahal dapet akses internet gratis di kantor 24 jam sehari! Kok gue nggak pernah ngerasa puas ya...

No comments: